MODUL KEPALA SEKOLAH PEMBELAJAR MODA DARING

Revisi : https://tinyurl.com/_2024

Peran Kepala Sekolah/Madrasah sangat strategis dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan terutama dalam upaya pengembangan sekolah. Mungkin bisa juga dikatakan Sekolah/madrasah itu berkualitas atau tidak berkualitas sangat bergantung pada leadership dari kepala sekolah/madrasah, karena dialah pimpinan tertinggi di sekolah/madrasah itu, dan dialah yang bisa mengambil keputusan dalam segala hal, tentang guru yang direkrut, penugasan guru, rotasi guru, pembinaan guru dan bahkan promosi kepangkatan guru. Semakin guru itu bekerja dengan penuh antusias, bermotivasi baik, dinamis mengikuti kemajuan baik teori, instrumen, teknologi, maupun kebijakan pemerintah, maka akan semakin tinggi produktifitas sekolah, dan akan semakin besar kontribusnya terhadap peningkatan kualitas pendidikan bangsa ke depan.
Sebagai seorang Kepala Sekolah/Madrasah tentunya memiliki segenap tugas pokok dan fungsi. Sama halnya dengan guru yang juga memiliki sejumlah tupoksi.
Tusi KS/M agar dapat dijalankan dengan baik, maka kompetensi KS/M harus senantiasa ditingkatkan. Peningkatan kompetensi KS/M dapat diperoleh melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang berdasarkan arahan Dirjen GTK istilah PKB KS/M diubah menjadi KS/M Pembelajar.
Selanjutnya, Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010 menjelaskan bahwa KS/M harus melakukan pengembangan keprofesian secara berkelanjutan dan berbasis kebutuhan. Salah satunya adalah melalui kegiatan KS/M Pembelajar moda daring. Kegiatan ini dikoordinir oleh Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah (Dit. Pembinaan Tendik dan Dikdasmen)
Pada kegiatan ini peserta diberikan Manual book (buku manual) sebagai gambaran rinci tentang teknis penggunaan PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) Kepala Sekolah/Madrasah (KS/M) dengan menggunakan moda daring (dalam jejaring).
Buku ini disusun sebagai pegangan bagi peserta, pengawas dan pengampu dalam melaksanakan dan menjamin serta meningkatkan mutu program PKB KS/M moda daring. Didalam buku ini dijelaskan secara detail tentang pelaksanaan kegiatan-kegiatan dalam PKB KS/M moda daring sesuai dengan petunjuk pelaksanaan PKB secara umum. Silakan download buku manual ini sesuai dengan peruntukkannya di antaranya User Manual Peserta, User Manual Pengawas, dan User Manual Admin dan Pengampu pada tautan berikut.