Panduan Cek Info GTK di SIM PKB Guru Untuk Validasi SKTP

Revisi : https://tinyurl.com/_2024

Panduan cek info GTK di SIM PKB guru untuk validasi SKTP - Pemerintah sudah menerapkan beberapa program yang berkaitan dengan pendidikan, tentu saja dengan tujuan agar pendidikan di Indonesia mengalami perubahan ke arah yang lebih baik, salah satunya adalah program Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIM PKB). Program ini juga ada kaitannya dengan validasi Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP).

Panduan cek info GTK di SIM PKB guru untuk validasi SKTP  Panduan Cek Info GTK di SIM PKB Guru Untuk Validasi SKTP
Panduan Cek Info GTK di SIM PKB Guru Untuk Validasi SKTP

Pada kesempatan ini saya akan berbagi info mengenai panduan cek info GTK di SIM PKB guru untuk validasi SKTP. Info GTK pada layanan SIM PKB ada hubungannya dengan nomor UKG yang terdapat pada menu nilai test dalam aplikasi dapodikdasmen dan harus diisi oleh guru yang sudah pernah mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG).

Nomor Uji Kompetensi Guru (UKG) tersebut akan digunakan untuk melihat data info GTK pada layanan SIM. Apabila dikosongkan maka guru belum bisa melakukan pengecekan data pada info GTK yang terletak pada laman SIM PKB. Sementara itu, apabila nilai UKG belum diketahui dapat diisikan dengan angka 0 (nol).

Panduan Cek Info GTK di SIM PKB Guru Untuk Validasi SKTP

Login SIM PKB
Untuk login ke layanan SIM PKB silahkan Bapak/Ibu menuju laman https://app.simpkb.id/
isikan email dan kata sandi kemudian klik login. Apabila tidak bisa login atau lupa password silahkan Bapak/Ibu menghubungi ketua komunitas untuk mengajukan reset pasword.

Pilih Menu Info GTK
Untuk menuju menu layanan info GTK tersebut silahkan Bapak/Ibu cari pada bagian bawah sebelah kiri, seperti pada gambar dibawah ini. Kemudian pilih menu tersebut dan secara otomatis akan muncul tab baru denga judul info Guru.
Panduan cek info GTK di SIM PKB guru untuk validasi SKTP  Panduan Cek Info GTK di SIM PKB Guru Untuk Validasi SKTP
Menu Layanan Info GTK
Menu baru info guru pada layanan SIM PKB yaitu “Menunggu perhitungan absensi pada aplikasi kehadiran”. Hal ini berkaitan dengan aplikasi Daftar Hadir GTK (DHGTK) pada masing-masing sekolah mengisi setiap hari atau minimal jangan sampai lewat bulan yang dimasukan daftar hadir apabila melewati bulan maka absen/daftar hadir guru pada bulan lalu akan di kunci.
Apa bila Bapak/Ibu belum mengisi daftar hadir guru online silahkan untuk menuju tautan dibawah ini mengenai cara mengisi daftar hadir guru online

Cetak Info GTK
Jika Bapak/Ibu sudah berhasil melihat validasi data guru dan tidak ada kesalahan untuk tahap berikutnya mencetak file tersebut. Caranya denga memilih tombol berwarna jinga pada bagian kanan atas dengan logo bergambar printer dan bertuliskan cetak pdf /printer.
Jika tombol tersebut tidak berfungsi bisa dengan cara CTRL + P lalu pilih cetak menggunakan printer atau menjadi file dalam bentuk pdf.
Download info GTK semester 1 tahun pelajaran 2024/2018
Demikian informasi yang dapat saya bagikan mengenai panduan cek info GTK di SIM PKB guru untuk validasi SKTP. Semoga bermanfaat.


Sumber https://www.pelitaguru.id/