Penting, Tips Sukses Mengirim Data PMP

Revisi : https://tinyurl.com/_2024




Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh, selamta malam rekan rekan OPS yang malam ini pasti lagi badmod gara-gara Aplikasi PMP atau penjamin mutu pendidikan yang baru tahun ini dirilis oleh pemerintah masi sangat membingungkan, mulai dari aplikasi yang berubah-ubah hingga bayaknya masalah-masalah yang masih banyak yang disisakan.

sebagai aplikasi baru di bidnag pendidikan, untuk mengerjakan PMP memrlukan waktu dan tenaga yang tidak sedikit karena tidak hanya melibatkan warga sekolah saja tetapi melibatkan wali mirid juga, disamping itu Kuisioner yang harus diisi oleh setiap responden sangat beragam dan jumlahnya sangat banyak sehingga tidak sedikit guru maipun siswa yang menjadi responden kebingungan dalam menyelesaikannya,

bukan hanya itu saja, yang paling direpotkan dalam hal ini adalah para OPS atau Operator Sekiolah, karena tidak sedikit Guru-Guru kita yang Gaptek atau.. pasti tau sendirikan artinya. sehingga dalam pengentrian data yang sudah dijawab oleh guru dan siswa harus dientri lagi ke Aplikasi, nah disinilah para OPS wajib bersabar, karena kita tau sendiri jumlah responden yang diminta bisa dibilang banyak.



baiklah kita langsung saja membahas judul kita diatas, yaitu cara sukses mengirim PMP.

1. Mengisi Kuisioner PMP secara berurutan
    Agar pengiriman PMP tidak mengalami kendala maka mengisi kuisioner sesuai dengan tuntutan aplikasi akan sangat penting, karena jika kita mengisi kuisioner melebihi jumlah responden yang diminta maka akan menyebabkan kelebihan beban pada server yang mengakibatkan pengiriman menjadi lambat.

a. Kepala Sekolah
    pertama  yang harus diisi adalah Kuisioner untuk kepala sekolah, jika masih ada yang bertanya yang mana kuisioner kepala sekolah? jawabannya adalah jika anda login sebagai Operator maka Kuisioner yang ada disamping adalah Kuisioner Kepala Sekolah. Penting, semua kuisioner harus diisi dan harus di Verifikasi selesai sehingga tombol merah berubah menjadi hijau.

b. Pengawas Sekolah
   yang kedua adalah pengawas sekolah, cara mengisinya adalah dengan memasukan alamat email dan membuatkan password, untuk mengisinya kita harus logout dulu baru login menggunakan email dan password yang sudah dibuat.

c. PTK (Guru)
untuk mengisi kuisioner PTK anda bisa menggunakan menu tukar pengguna, dan tinggal memilih PTK yang akan diisi Kuisionernya, penting setelah selesai pengisian segera akhiri dengan konfirmasi selesai.

d. PD (Peserta didik)
langkah untuk mengisi kuisioner peserta Didik pada dasarnya sama dengan mengisi Kuisioner untuk PTk, tinggal menggunakan Menu Tukar Pengguna

e. Komite Sekolah
yang terakhir adalah mengisi kuisioner Komite Sekolah,, karena data komite sekolah tidak ada dalam dapodik maka kita akan megisikan data komite secara manual caranya sama saja dengan mengisi kuisioner untuk pengawas, kita tinggal memasukan email dan password.

setelah semuanya terisi 100% dan semua data sudah diverifikasi selesai maka tahap selanjutnya adalah mengirim data PMP.
pastikan Aplikasi terhubug dengan koneksi internet yang stabil dan pastikan tombol Kirim muncul.


kemudian Klik tombol kirim akan muncul gambar seperti dibawah ini


kemudian Kirim dan tinggal menunggu sampai pengiriman anda berhasil.


selamat mencoba semoga bermanfaat dan terimaksih sudah berkunjung, jangan lupa share yaa.
Sumber https://www.intipendidikan.com/