Contoh Laporan Supervisi Akademik Kepala Sekolah SD, SMP, SMA #Terbaru

Revisi : https://tinyurl.com/_2024

Contoh Laporan Supervisi Akademik Kepala Sekolah SD, SMP, SMA 2016/ 2024 ini merupakan format terbaru untuk laporan supervisi yang dilakukan kepala sekolah kepada guru. File ini tidak dapat dipisahkan dengan berbagai administrasi kepala sekolah lainnya khususnya Instrumen Supervisi yang merupakan alat untuk menilai kualitas guru dikelas. Tentunya Laporan Supervisi Akademik Kepala Sekolah ini sangat penting karena hasil dari penilaian guru oleh kepala sekolah tidak bermuara dikepala sekolah, melainkan pihak/ lembaga/ jabatan yang lebih tinggi seperti dinas pendidikan bagian tertentu akan meminta laporan tersebut.

Laporan Supervisi Akademik Kepala Sekolah

Contoh Laporan Supervisi Akademik Kepala Sekolah SD Contoh Laporan Supervisi Akademik Kepala Sekolah SD, SMP, SMA 2016/ 2024

Supervisi yang dilaksanakan adalah supervisi kunjungan kelas. Kepala Sekolah sebagai supervisor mengunjungi kelas dan melakukan observasi dan wawancara serta studi dokumen. Supervisor sambil melakukan kunjungan kelas mengisi instrumen yang telah disiapkan dari instrumen yang saat pelaksanaan supervisi merupakan dokumen hasil supervisi tehadapadministrasi guru dan proses pembelajaran. 


Dari hasil pengisian intrumen tersebut dapat diketahui seberapa tingkat kemampuan guru dalam penyusunan administrasi pembelajaran dan proses pembelajaran. Supervisi dilakukan melalui kunjungan kelas untuk mengetahui keadaan kelas apakah sesuai dengan hasil pengisian instrumen. Disamping itu kepala sekolah melakukan observasi pelaksanaan KBM.

Hasil supervisi perlu ditindaklanjuti agar memberikan dampak yang nyata untuk meningkatkan profesionalisme guru. Dampak nyata ini diharapkan dapat dirasakan masyarakat maupun stakeholders. Tindak lanjut tersebut berupa: penguatan dan penghargaan diberikan kepada guru yang telah memenuhi standar, teguran yang bersifat mendidik diberikan kepada guru yang belum memenuhi standard dan guru diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan/penataran lebih lanjut. 

Download Juga !!!

Laporan pelaksanaan Supervisi mengacu pada perangkat / instrumen Supervisi yang disediakan, penyerahan berkas hasil Supervisi kepada guru untuk dapat persetujuan, kepala Sekolah menyampaikan laporan rangkuman hasil Supervisi kepada Pengawas.

Semoga Contoh Laporan Supervisi Akademik Kepala Sekolah SD, SMP, SMA 2016/ 2024 ini dapat berguna bagi anda bapak/ ibu Kepala Sekolah baik di SMP, SMA, maupun SMK yang membutuhkan acuan dalam membuat laporan supervisi. Kritik dan saran saya harapkan untuk bahan perbaikan blog ini pada masa yang akan datang. Dalam blog ini juga saya sediakan banyak Administrasi Sekolah Lengkap untuk SD/ Mi, SMP/ Mts, dan SMA/ SMK/ MA baik yang menyangkut Administrasi Pembelajaran, TU, Kepala Sekolah, Keuangan, dan lain sebagainnya. Cari file yang anda inginkan melalui kotak pencarian dibagain kanan atas blog ini atau melalui menu yang tersedia.   

Sumber http://www.downloadadmintrasisekolah.com/